UNIT PENEMRIMAAN DAN PEMERIKSAAN YANG TERLIBAT DALAM PEMASARAN


Untuk mengetahui bagian/unit yang terliat dalam pemerikaan dan penerimaan barang dagang serta dokumen-dokumen yang digunakan dalam prosesnya, di bawah ini akan di bahas secara detail.
   A.      unit yang terlibat dalam penerimaan dan pemeriksaan
a.       Supplier(pemasok)adalah orang  atau badan yang kegiatan usahanya sebagai penjual/pemasok baragn dagang untuk departemen store secara berkala. Biasanya supplier merupakan mitra usaha tetap dari sebuah department store.
b.      Buyer(bagaian pembelian) inilah unit yang pekerjaan nya mengadakan, memesan atau membeli barang dagang yang dibutuhkan di department store samapai barang siap untuk dipajang.
c.       Receiving room adalah unit atau bagian yang tugasnya melakukan menerima barang bekerja sama dengan bagian fudang dan memeriksa kelengkapan serta kebenaran dokumen barang dagang yang masuk.
d.      Bagian gudang adalah bagianyang tugasnya mengelola barang di gudang melalui dari menerima sampai menempatkan barang tersimpan dengan aman.
e.      Counter adalah unit yang pekerjaannya menghitung, menyeleksi serta memajangkan barang di toko dan ruang pameran.
f.        Unit verifikasi/likuiditas ialah unit yang tugasnya memeriksa kebenaran rincian dan nilai barang yang harus dibayar serta dokumen-dokumen barang masuk atau dikeluarkan
g.       Floor manager adalah manajer yang memiliki wewenang dalah mengelola lantai/bagian dari toko, sehingga keluar masuk barang dari took harus melalui manajer ini. Dan biasanya disebut manajer toko.
h.      Penerima/peminta adalah unit yang membutuhkan baranf dagang dan biasanya mengusulkan kebutuhannya kepada manajer floor

   B.     Dokumen yang digunakan
dokumen-dokumen yang biiasanya digunakan dalam proses penerimaan dan pemeriksaan barang dagang, antara lain sebagai berikut
Load disqus comments

0 komentar